Senin, 29 Desember 2014

Tips Memelihara Anak Kelinci Anggora

Tips Memelihara Anak Kelinci Anggora


Cara Merawat Kelinci Anggora pada dasarnya sama dengan kelinci hias lainya. Namun ada sedikit perlakuan khusus untuk kelinci anggora karena bulunya yang panjang. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum Anda memelihara kelinci Anggora, yang pokok dari semua itu adalah kesehatan. Nah, untuk menjaga kesehatan kelinci anggora kita, ada 3 hal yang harus diperhatikan, yaitu : kandang, pakan, dan minum.

Berikut penjelasan rincinya untuk memelihara kelinci anggora.

A. Makanan
Kelinci merupakan hewan herbivora atau pemakan tumbuhan. Rumput atau sayuran adalah pakan yang paling mudak kita dapatkan. Namun jangan asal memberi pakan pada kelinci anggora. Rumput segar belum tentu baik buat kelinci anggora. Karena kandungan air di dalam rumput/sayur segar sangat banyak ini bisa membuat kelinci mencret dan mati. Selain sayuran ada juga pakan kelinci yang lain misalkan pelet ikan atau pelet khusus kelinci yang banyak tersedia di supermarket atau petshop.

B. Kandang kelinci
Kelinci anggora membutuhkan kandang yang bersih dan cukup udara. Keindahan dan kelembutan bulu kelinci anggora sangat tergantung kebersihan kandang. Kandang yang kotar dan basah menimbulkan bulu kelinci anggora menjadi gimbal, yang berakibat kelinci anggora terlihat kumuh dan jelek. Bersihan kandang, jangan sampai kotoran menumpuk, karena akan mengganggu kesehatan kelinci anggora kesayangan kita.

D. Air Minum

Kelinci anggora membutuhkan air minum untuk kelangsungan hidupnya. Meskipun tanpa minum kelinci dapat hidup karena mendapatkan air dari rumput yang masih basah. Air yang berasal dari rumput apalagi pakan dari pelet yang kering kandungan airnya kurang untuk memenuhi kebutuhan air bagi tubuh kelinci anggora.

Pemberian air minum sangat diperlukan. Namun ada beberapa peternak yang tidak membari air minum karena pakan yang digunakan banyak mengandung air, misalnya ampas tahu.

Setiap kelinci kebutuhan minumnya tidak sama, ada yang banyak minum ada yang sedikit minum, dan ada pula yang tidak minum. Sebaiknya kasih air minum, entah mau minum atau tidak, kelinci akan minum sesuai kebutuhannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar