Jumat, 16 Januari 2015

Makanan Sehat yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3

Makanan Sehat yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3


Makanan Sehat yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3 - Asam folat atau yang juga di kenal vitamin B9, merupakan nutrisi yang sangat penting yang dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Penelitian telah membuktikan bahwa jenis asam ini sangat penting untuk pertumbuhan dan regenerasi sel, pembentukan sel darah merah, serta perbaikan DNA. Tubuh yang kekurangan asam folat juga dapat mengakibatkan kondisi mental yang buruk seperti depresi. Ini merupakan jenis vitamin esensial, artinya tubuh tidak dapat memproduksi sendiri. Dengan demikian, kita harus mendapat cukup asupan nutrisi ini setiap hari dari sumber makanan. Kekurangan asam folat pada ibu hamil dapat menyebabkan bayi cacat lahir, dan keterbelakangan mental. Sementara Pada orang dewasa dapat meningkatkan resiko alzhaimer dan kanker.

Berikut ini buah dan sayuran yang kaya akan kandungan asam folat:

Sayur berdaun Hijau tua

Untuk meningkatkan asupan asam folat, tambahkan sayuran berdaun hijau tua seperti bayam, sawi hijau, kale,  dan selada kedalam diet harian Anda. 1 cangkir bayam mengandung sekitar 263 mcg folat atau 65 % dari kebutuhan perhari. 1 cangkir sawi hijau 177 mcg atau sekitar ( 44 %).

Asparagus

Makan hanya satu cangkir asparagus yang direbus akan memberikan 262 mcg folat, yang akan menyumbang sekitar 65 % dari kebutuhan harian Anda. Kandungan yang sama nutrisi ini ada pada bayam. Tidak hanya folat, asparagus juga kaya nutrisi lain yang sangat dibutuhkan tubuh, seperti vitamin K, vitamin C, vitamin A, dan Mangan.

Brokoli

Brokoli adalah salah satu jenis sayuran yang juga dikenal akan khasiatnya sebagai pendetox alami. Tak hanya itu, brokoli juga merupakan sumber asam folat yang baik. Hanya satu cangkir brokoli sudah memberikan Anda sekitar 24 % dari kebutuhan harian, belum lagi ditambah lagi dengan berbagai macam nutrisi penting lainnya. Direkomendasikan agar makan brokoli mentah organik, atau yang dikukus setengah matang.

Makanan Sehat yang Mengandung Asam Folat dan Omega 3


Makanan yang Mengandung Omega 3 sangat bermanfaat bagi tubuh anda terutama otak, namun asam lemak omega 3 ini tidak dapat dibuat oleh tubuh anda, tapi dapat anda peroleh dari ikan dan minyak nabati, serta lain sebagainya. Asam Lemak Omega 3 dibagi menjadi 3 jenis.

3 Jenis Asam Lemak Omega 3 :

    ALA adalah asam folat linoleat yang sering disebut juga dengan Alpha Linolenic Acid
    EPA adalah asam folat eikosapentanoat atau sering disebut dengan Eicosapentaenoic Acid
    DHA adalah asam folat dokosaheksanoat yang sering disebut juga dengan Docosahexaenoic Acid.


Sudah banyak orang yang tahu manfaat dari omega 3, omega 3 adalah asam lemak tidak jenuh yang kaya nutrisi, dan asam lemak omega 3 ini sangat dibutuhkan oleh tubuh. Omega 3 mempunyai 3 jenis, tapi 2 dari 3 asam lemak tersebut paling baik untuk kesehatan tubuh anda, 2 asam lemak itu adalah DHA (docosahexaenoic acid) & EPA (eicosapentaenoic acid). Kedua asam lemak tersebut sangat ampuh untuk mencegah terjadinya penyakit jantung, deprisi, penyakit alzheimer, dan lainnya. Disamping itu hasil dari penelitian, omega 3 dapat membantu anda agar berumur panjang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar